Minggu, 02 September 2012

Biografi Yngwie Malmsteen


Nama Lengkap : Lars Johann Yngwie Lannerback
Tempat/Tgl Lahir : 30 Juni 1963 di Stockholm, Swedia.
Group Band Saat Ini : Yngwie Malmsteen Band
Group Band Sebelumnya : Steeler, Alcatrazz
Pengaruh : Niccolo Paganini, Jimi Hendrix, Ritchie Blackmore, J.S.Bach, Antonio Vivaldi, W.A.Mozart
Gitar : Fender Stratocaster Yngwie Malmsteen Signature Series
Keahlian : Neoclassical, Alternate Picking, Arpeggio, dll.
 



Berangkat dari kecintaanku terhadap sosok YJM, aku mencoba menulis sedikit tentang idolaku ini.....yang tentunya kukutip dari beberapa artikel....hehe!! Siapa yang gak kenal dengan nama satu itu, apalagi buat pencinta musik dan permainan gitar yang menurutku sangat memukau. Dia mempunyai talenta yang sangat hebat, khususnya permainan gitarnya dan tidak kalah dengan talenta yang dimiliki oleh idolanya JIMI HENDRIX yang ampe saat ini tenar sebagai pelopor permainan gitar modern.
Dulu waktu belum sama sekali kenal dengan Yngwie, aku udah cukup sering dengerin lagu-lagu klasik. Tapi sejak aku mulai belajar gitar beberapa tahun lalu, aku mencoba mencari beberapa literatur tentang musisi-musisi dunia tentunya gitaris-gitaris yang katanya orang sih super jago. Dari beberapa nama seperti Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert dan masih banyak nama laennya aku nemu nama YNGWIE JOHANN MALMSTEEN....wah nama yang unik...!!! Membuang rasa penasaranku tentang sang idola akhirnya aku nyari beberapa videonya.....dan ternyata permainan gitarnya.....gila bneeeer!!???


Semenjak itu aku mulai cari tahu keberadaan musik yang dimainkan Yngwie Malmsteen ini, dan akhir-nya nemu kalau genre yang di-usung-nya itu namanya Neo-Classical Metal,
sebuah aliran musik pecahan dari heavy metal yang menggunakan komposisi dan elemen-elemen musik klasik sebagai dasar, kemudian dibumbui dengan tekhnik improvisasi yang menekankan pada kecepatan dan ketepatan tempo.
Komposisi musik klasik yang biasanya dimainkan dengan tempo yang berubah-ubah dan njelimet, dimainkan dengan sangat indah-nya lewat permainan jari-jemari-nya di atas fretboard gitar, pantas aja dia dijuluki sebagai si “Jari Setan” di dunita per-gitar-an, karena berdasarkan hasil survey, kecepatan dan ketepatan-nya dalam memainkan nada-nada dengan gitar belum ada yang menyamain ampe sekarang.
Dari situlah perburuan-ku dengan lagu-lagu-nya Yngwie tepat dimulai, dan mulai paham dan ngeh bahwa ternyata ohhh yang namanya Neo-Classical Metal itu ternyata seperti ini.
Beberapa Album yang telah ditelurkan oleh Yngwie :
Tahun 1984 Album Rising Force
Tahun 1985 Album Marching Out
Tahun 1986 Album Trilogy
Tahun 1988 Album Odyssey
Tahun 1989 Album Trial By Fire: Live in Leningrad
Tahun 1990 Album Eclipse
Tahun 1992 Album Fire and Ice
Tahun 1994 Album The Seventh Sign
Tahun 1994 Power And Glory
Tahun 1994 I Can't Wait
Tahun 1995 Album Magnum Opus
Tahun 1996 Album Inspiration
Tahun 1997 Album Facing the Animal
Tahun 1998 Concerto Suite for Electric Guitar and Orchestra in E flat minor, Opus 1
Tahun 1998 Double Live
Tahun 1999 Album Alchemy
Tahun 2000 Album Anthology 1994-1999
Tahun 2000 The young person's guide to the classics.1
Tahun 2000 The young person's guide to the classics.2
Tahun 2000 The Best Of: 1990-1999
Tahun 2000 Album War to End All Wars
Tahun 2002 Album Concerto Suite LIVE With the New Japan Philharmonic
Tahun 2002 Album Attack
Tahun 2002 Album The Genesis
Tahun 2004 Album Instrumental Best Album
Tahun 2005 Album Unleash the Fury
Tahun 2005 20th Century Masters - The Millennium Collection: The Best of Yngwie Malmsteen
Tahun 2008 Album Perpetual Flame
Tahun 2009 Album Angels of Love
Tahun 2009 Album High Impact
Tahun 2010 Album Relentless

Other:
Steeler - Album Steeler (1983)
Alcatrazz - Album No Parole From Rock 'N Roll



Sangat, sangat pantas kalau aku julukin dia sebagai legenda baru musik klasik yang gak kalah dengan Johan Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, atau Johann Strauss sekalipun, dengan kemampuan-nya menggabungkan komposisi musik klasik yang secara komposisi sangat kompleks, dengan permainan gitar modern. Dan bukan, bukan hanya permainan gitar-nya saja yang keren, lirik-lirik dari lagu yang diciptakan-nya sendiri juga penuh dengan makna yang dalam.

1 comments:

  1. Wah, maknyus banget nih biografi nya! Saya juga kebetulan suka bngt dengan Yngwie. Sampai skrng masih saya favoritkan! :D

    BalasHapus

Tinggalkan "Jejak Sahabat" dalam kotak komentar. Gunakanlah opsi Name/URL, mohon jangan komentar SPAM yaitu komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT. Terima Kasih.