Kamis, 20 September 2012

68 Manfaat Dzikir

ad300
Advertisement

Sumber : Buku Iblis Guruku
Karya : Moeslih Rosyid


Semua orang pasti ingin mendapat manfaat dengan apa yang ia lakukan. Kalau bisa sih selalu untung. Baik keuntungan secara materi maupun non materi.

Jangan khawatir, dengan kita berdzikir ada sedemikian banyak manfaat yang bisa kita dapat. Semuanya sudah saya alami dan buktikan, memang dengan mendawamkan berdzikir kita akan merasa uenak tenan.

Rasulullah Saw dalam sabdanya, “Ketika tidur, setan mengikat bagian atas kepala kalian dengan tiga ikatan. Kalian punya malam panjang yang bisa dinikmati. Jika bangun dan mengingat Allah Swt, lepaslah satu ikatan. Ketika berwudhu, lepaslah satu ikatan. Dan ketika mendirikan shalat, lepaslah satu ikatan lagi. Dengan begitu, kalian akan menyongsong pagi dengan dinamis dan jiwa yang tenang. Tetapi kalau tidak, kalian pasti akan menyongsong pagi dengan buruk dan jiwa yang malas.” (HR Bukhari-Muslim)

Dalam kitab Miftahu Al-Falah wa Misbahu Al-Arwah, Ibnu Atha’illah As-Sakandari mencatat setidaknya terdapat 68 manfaat dzikir. Enam puluh delapan manfat berdzikir itu adalah :
1.Mengusir, menangkal, dan menghancurkan setan.
2.Membuat Allah ridha dan membuat setan murka.
3.Menghilangkan segala kerisauan dan kegelisahan serta  mendatangkan kegembiraan dan kesenangan.
4.Melenyapkan segala keburukan.
5.Memperkuat hati dan badan.
6.Memperbaiki apa yang tersembunyi dan yang kelihatan.
7.Membuat hati dan wajah menjadi bersinar terang.
8.Mempermudah datangnya rejeki.
9.Mendatangkan wibawa dan ketenangan
10.Mengilhamkan kebenaran dan sikap istiqamah dalam setiap urusan.
11.Memunculkan sikap muraqabah (merasa diawasi Allah) yang mengantarkan pada kondisi ihsan. Yaitu kondisi saat hamba menyembah Allah dalam keadaan  seolah-olah melihat-Nya.
12.Memunculkan keinginan untuk kembali kepada Tuhan. Siapa yang banyak mengingat-Nya, itu akan membuatnya kembali kepada Tuhan dalam setiap persoalan.
13.Membuat seseorang dekat dengan Allah.
14.Membuat pintu makrifat dalam hati.
15.Menambah penghormatan dan rasa takut kepada Allah.
16.Mendatangkan sesuatu yang paling mulia dan paling agung yang dengan itu hati menjadi hidup seperti tanaman karena hujan. Dzikir adalah makanan ruhani sebagaimana nutrisi adalah makanan tubuh. Ia juga merupakan perangkat yang membuat hati menjadi bersih dari karat berupa lalai mengikuti hawa nafsu.
17.Menjadi lampu penerang bagi pikiran, yang memberi petunjuk dalam kegelapan.
18.Menghapus dosa dan kesalahan. Sebab, setiap amal kebaikan akan menghapus kesalahan.
19.Melenyapkan kenestapaan yang diakibatkan oleh adanya jarak antara Allah dan hamba yang lalai.
20.Tasbih, tahlil dan takbir yang dibaca oleh seorang hamba, akan mengangkat derajatnya di tengah arsy yang mulia. Sebab, semua ibadah pada hari kiamat akan  berpisah kecuali dzikir, tauhid dan pujian kepada-Nya.
21.Siapa yang saat lapang mendekat kepada Allah dengan berdzikir kepada-Nya, Allah pun akan mendekat kapada orang itu bila ia sedang dalam kesulitan dengan memberi karunia-Nya. Dalam atsar disebutkan bahwa ketika seorang hamba yang taat dan tekun berdzikir kepada Allah dalam kesulitan atau sedang meminta kebutuhannya pada Allah, maka para malaikat berkata, “Wahai Tuhan, ini suara yang sudah makruf (biasa didengar) yang berasal dari hamba yang makruf.” Juga disebutkan bahwa tidak ada amal ya lebih bisa menyelamatkan seseorang dari siksa Allah daripada dzikir.
22.Dzikir juga menjadi penyebab turunnya ketenangan, adanya naungan para malaikat dan turunnya mereka untuk seorang hamba, serta penyebab datangnya limpahan rahmat. Inilah nikmat yang paling besar bagi seorang hamba.
23.Menghalangi lidah seseorang untuk melakukan ghibah, berkata dusta, dan melakukan kebatilan lainnya.
24.Orang yang berdzikir akan membuat teman duduknya tenteram dan bahagia.
25.Majelis dzikir tidak akan membuat seseorang menyesal   dan merugi pada hari kiamat.
26.Dzikir yang disertai dengan tangis dan ratapan  merupakan penyebab bagi seseorang mendapatkan naungan arsy pada hari pembalasan.
27.Orang yang sibuk berdzikir kepada Allah hingga lupa meminta, akan diberi sesuatu yang lebih baik dari yang diberikan kepada mereka yang meminta. Selain itu, ia akan selalu diberi kemudahan.
28.Gerakan dzikir atas lidah merupakan gerakan yang paling ringan bagi manusia.
29.Dzikir merupakan tanaman surga. Seperti yang disebutkan dalam hadits-hadits hasan. Tanah surga itu subur dan airnya segar. Ia berupa lembah dan yang menjadi tanamannya adalah subhanallahi wal hamdu lillahi wala ilaha illallahu allahu akbar.
30.Dzikir menyebabkan seseorang bebas dari api neraka dan selamat dari lupa, baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana firman Allah :“Ingatlah kepada-Ku, pasti Aku akan mengingatmu.”  Jika Allah sudah melupakan seorang hamba, berarti orang itu lupa pada dirinya sendiri. Dan inilah puncak dari keburukan.
31.Menjadi cahaya bagi seorang hamba. Baik ketika di dunia, di alam kubur, ketik dibangkitkan, maupun saat dikumpulkan kelak.
32.Dzikir puncak segala suara, pintu untuk sampai kepada Allah, dan kekuatan yang bisa menghancurkan hawa nafsu. Manakala dzikir sudah tertancap kuat di dalam kalbu, sementara lidah menjadi pengikutnya, saat itulah pedzikir menjadi kaya, terhormat, dan mulia. Sementara hamba yang lalai, kalaupun kaya akan menjadi fakir. Dan kalau berkuasa akan menjadi hina. Naudzubillah
33.Orang yang berdzikir akan diteguhkan kalbunya, dikuatkan tekadnya, dijauhkan dari kesedihan, dan kesalahan, serta dijauhkan dari setan dan tentaranya. Selain itu hatinya akan didekatkan kepada akhirat dan dijauhkan dari dunia.
34.Dzikir laksana pohon berbuah makrifat. Ia adalah modal setiap orang arif (orang yang mengenal Allah).
35.Allah pun bersama mereka yang berdzikir dengan menganugerahkan kedekatan, kekuasaan, cinta, taufik, dan perlindungan-Nya.
36.Nilai dzikir sama dengan membebaskan budak, berjihad, mati di jalan Allah dan berinfak.
37.Dzikir adalah puncak, pangkal dan pondasi syukur.
38.Orang yang lidahnya selalu basah dengan dzikir serta senantiasa menjaga perintah dan larangan-Nya, maka ia berhak masuk surga ; tempat para kekasih dan orang-orang yang dekat dengan-Nya. Karena orang yang paling mulia di sisi Allah adalh orang yang paling bertakwa. Ia akan masuk surga dalam keadaan tertawa dan tersenyum bahagia.
39.Dzikir bisa menghilangkan sifat keras dalam hati dan melunakkannya.
40.Apabila kelalaian merupakan penyakit, dzikir merupakan obat baginya.
41.Dzikir adalah sebab dan faktor utama yang membuat Allah menolong hamba-Nya. Sebaliknya, lalai adalah sebab dan faktor utama Allah memusuhi hamba-Nya.
42.Menangkal dan menolak segala bencana. Sebaliknya ia bisa mendatangkan nikmat dan semua yang bermanfaat.
43.Mempererat hubungan dengan Allah dan para malaikat- Nya. Sehingga seorang hamba akan keluar dari kegelapan menuju cahaya, serta masuk ke dalam tempat kedamaian (surga).
44.Majelis-majelis dzikir merupakan taman surga. Bermain-main dalam taman surga itu tentu saja membuat Allah ridha.
45.Allah membanggakan para pedzikir di hadapan para malaikat di langit.
46.Kedudukan dzikir dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya lebih tinggi dan lebih mulia.
47.Manusia yang paling utama adalah yang paling banyak berdzikir mengingat Allah dalam setiap keadaan.
48.menggantikan semua amal, entah yang terkait dengan harta atau tidak.
49.Memperkuat organ-organ tubuh.
50.Memudahkan pelaksanaan amal shaleh, memermudah urusan yang pelik, membuka pintu yang terkunci, serta meringankan kesulitan.
51.Memberi rasa aman kepada mereka yang takut sekaligus menjauhkannya dari bencana.
52.Hamba yang berdzikir, dalam berlomba akan sampai lebih cepat. Bagaimana menurut Anda seandainya engkau berada di tanah berpasir, apakah kuda yang akan Anda naiki atau keledai?
53.Dzikir menjadi penyebab seseorang diakui sebagai hamba-Nya. Sebab, ia telah menyebutkan keagungan, keindahan, dan pujian untuk-Nya.
54.Tempat tinggal di surga dibangun dengan dzikir. Sementara orang yang lalai tidak bisa membangun apa-apa di dalamnya.
55.Dzikir adalah penghalang antara seorang hamba dan api neraka. Jika hamba tersebut berdzikir secara istiqamah, penghalang itu akan menjadi baik dan kokoh. Jika tidak, ia akan menjadi lemah dan rapuh.
56.Dzikir adalah api yang aktif bekerja. Jika ia masuk dalam rumah, ia akan memusnahkan semua yang ada, serta melenyapkan sisa makanan berlebih, entah karena kenyang atau karena mengonsumsi barang haram. Ia juga menghilangkan kegelapan sekaligus memantulkan cahaya yang bersinar terang.
57.Malaikat memintakan ampunan bagi seorang hamba yang tekun berdzikir dan memuji-Nya.
58.Bumi dan gunung berbangga dengan para penghuni di atasnya yang berdzikir mengingat Allah.
59.Dzikir adalah ciri seorang mukmin yang bersyukur. Adapun orang munafik sangat jarang berdzikir. Mereka lalai berdzikir karena harta dan anak-anaknya sangatlah merugi.
60.Orang yang berdzikir akan mendapatkan kenikmatan yang jauh lebih lezat daripada kenikmatan makanan dan minumam.
61.Wajah dan hati orang yang berdzikir di dunia ini diliputi oleh cahaya dan kesenangan. Sementara di akhirat nanti, wajahnya jauh lebih putih dan bersinar daripada rembulan.
62.Bumi akan menjadi saksi atas orang yang berdzikir sebagaimana ia menjadi saksi atas orang-orang yang bermaiksiat dan yang taat.
63.Dzikir bisa mengangkat derajat hamba pada kedudukan yang peling tinggi.
64.Orang yang berdzikir akan tetap hidup walaupun sudah mati. Sebaliknya, orang yang lalai walaupun masih hidup sebetulnya tergolong mati.
65.Dzikir menghilangkan rasa dahaga saat kematian tiba, sekaligus memberikan rasa aman dari segala kecemasan.
66.Pedzikir yang berada di tengah-tengah orang lalai seperti rumah gelap yang di dalamnya ada lampu.  Orang lalai seperti malam gelap gulita yang tak pernah sampai ke pagi.
67.Pedzikir yang terlalaikan oleh sesuatu bisa mendapatkan hukuman. Hal ini sama seperti orang yang duduk bersama raja tanpa adab.
68.Sesaat saja menghadirkan kalbu dalam dzikir, akan melindungi diri dari maksiat. Walaupun perlindungan tersebut sedikit, namun mempunyai manfaat sangat besar.
 
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

7 komentar:

  1. Greaat Info gan,.. ane baru tau ada buku gitu, btw isinya gimana gan??

    ----------------------------
    Visit my Blog: http://q-bull.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sebelum tidur selalu berdzikir, manfaatnya hati tenang dan yang tadinya enggak bisa tidur jadi bsa tidur :) itu hal yang sering aku lakukan . . . selain berdzikir stlh sholat..

    BalasHapus
  3. Yang saya rasakan secara pribadi adalah ketenangan sob,,,,

    BalasHapus
  4. info yang sanga baik sob..terutama untukku...salam..

    BalasHapus
  5. SANGAT BERMANFAAT, TERUTAMA DZIKIR SETIAP SAAT

    BalasHapus